PMK No.151/PMK.011/2013 Tentang Cara Pembuatan Faktur Pajak

Perubahan terbaru lagi mengenai Faktur Pajak yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No.151/PMK.011/2013 tentang Tata Cara Pembuatan dan Tata Cara Pembetulan atau Penggantian Faktur Pajak.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Peraturan Menteri Keuangan ini akan di atur lagi dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak nantinya, Tunggu saja. Tetapi pada intinya Peraturan Menteri Keuangan ini telah mengambarkan perubahan atas Faktur Pajak dimaksud.

Perubahan tersebut terdapat dalam Pasal 4 ayat 1 yaitu ; Faktur Pajak dapat berbentuk :

a. Elektronik,

b. Kertas (Hardcopy).

Sebagaimana faktur pajak yang selama ini banyak dipakai oleh Pengusaha Kena Pajak adalah faktur pajak yang berbentuk kertas (hardcopy), tetapi dengan telah diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan ini besar kemungkinan ada banyak Pengusaha Kena Pajak yang akan menggunakan faktur pajak dalam bentuk elektronik.

Adapun Kriteria pengusaha kena pajak yang diwajibkan membuat faktur pajak dalam bentuk elektronik ini, ketentuannya masih harus menunggu Peraturan Direktur Jenderal Pajak yang akan diatur kemudian.

Terkait pengusaha kena pajak yang diwajibkan membuat faktur pajak dalam bentuk elektronik ini, nantinya akan ditetapkan dalam sebuah Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

Sebagaimana maksud diatas Peraturan Menteri Keuangan ini akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2014.

Pingin lihat peraturannya, klik disini.

Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

taman-pajak *