Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 Berlaku Tarif 1 %

Sebagai Wajib Pajak yang bijak, adanya peraturan perpajakan yang baru, tentunya akan menambah wawasan kita tentang perpajakan secara menyeluruh. Hal ini menjadi sangat penting mengingat perubahan-perubahan peraturan perpajakan yang begitu cepat.

Sebagaimana telah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha Yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak Yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Didalam peraturan pemerintah yang baru ini dijelaskan bahwa wajib pajak yang memperoleh penghasilan dari usaha yang memiliki peredaran bruto tertentu (max Rp.4.8 milyar) akan dikenakan pajak penghasilan secara final sebesar 1%.

Adapun cara pengenaan pajak penghasilan tersebut antara lain :

1. Pajak penghasilan usaha yang dapat dikenakan secara final adalah :

1.1. Wajib Pajak orang pribadi atau Wajib Pajak badan tidak termasuk bentuk usaha tetap.

1.2. Menerima penghasilan dari usaha, tidak termasuk penghasilan dari jasa sehubungan dengan pekerjaan bebas, dengan peredaran bruto tidak melebihi Rp4.8 miliar dalam 1 tahun pajak.

2. Pajak penghasilan usaha yang tidak dapat dikenakan secara final adalah :

2.1. Wajib Pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha perdagangan dan atau jasa melalui suatu tempat usaha yang dapat dibongkar pasang, termasuk yang menggunakan gerobak, dan menggunakan tempat untuk kepentingan umum yang menurut peraturan perundang-undangan bahwa tempat tersebut tidak diperuntukkan bagi tempat usaha atau berjualan, misalnya pedagang makanan keliling, pedagang asongan, warung tenda di trotoar, dan sejenisnya.

2.2. Wajib Pajak badan yang belum beroperasi secara komersial atau setelah beroperasi selama setahun WP Badan tersebut memperoleh omzet lebih dari Rp.4.8 milyar.

Kemudian dasar pengenaan pajak yang digunakan untuk menghitung Pajak Penghasilan yang bersifat final ini adalah jumlah peredaran bruto setiap bulannya.

Baca Juga :  Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Tahun 2013

Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2013.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

taman-pajak *