Bagaimana Pembetulan atau Penggantian Faktur Pajak

Sebagaimana telah diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.03/2012 Tentang Tata Cara Pembuatan dan Tata Cara Pembetulan atau Penggantian Faktur Pajak.

Dalam hal mengenai tata cara pembuatan faktur pajak, saya rasa saya tidak perlu mengungkapkannya lagi disini, karena saya yakin anda sudah mengetahuinya. Dan sebenarnya hal yang patut anda ketahui adalah bagaimana tata cara pembetulan atau penggantian faktur pajak tersebut.

Faktur pajak pada dasarnya merupakan dokumen penting yang sangat berharga. Dalam hal ini jika anda adalah pengusaha kena pajak (PKP), anda dapat menerbitkan faktur pajak dan juga menerima faktur pajak. Dari faktur pajak yang anda terima semestinya dapat anda lakukan restitusi, dan itu artinya bahwa PPn yang telah anda bayarkan dapat anda uangkan kembali.

Berkaitan dengan restitusi ini, dokumen yang sangat penting adalah faktur pajak. Ketelitian dalam menerima faktur pajak sangat diutamakan, karena jika faktur pajak yang anda terima salah itu akan memperlambat proses restitusinya, oleh karena itu sangat bijak jika anda meneliti dengan cermat setiap faktur pajak yang masuk.

Seperti terdapat dalam Pasal 12 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.03/2012, sebagai berikut :

(1) Atas Faktur Pajak yang cacat, rusak, salah dalam pengisian, atau salah dalam penulisan, sehingga tidak memuat keterangan yang lengkap, jelas dan benar, Pengusaha Kena Pajak yang menerbitkan Faktur Pajak tersebut dapat menerbitkan Faktur Pajak pengganti.

(2) Atas Faktur Pajak yang hilang, baik Pengusaha Kena Pajak yang menerbitkan maupun pihak yang menerima Faktur Pajak tersebut dapat membuat copy dari Faktur Pajak dan dilegalisir oleh Kantor Pelayanan Pajak.

(3) Dalam hal terdapat pembatalan transaksi penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak yang Faktur Pajak-nya telah diterbitkan, Pengusaha Kena Pajak yang menerbitkan Faktur Pajak harus melakukan pembatalan Faktur Pajak.

Demikian, Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *