Formulir 1111 SPT Masa PPN Baru Tahun 2011

Untuk yang kesekian kalinya terjadi lagi perubahan dalam perpajakan di Indonesia, kali ini yang berubah adalah formulir Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang tertuang dalam peraturan dirjend pajak yaitu : PER-44/PJ/2010, yang mengatur tentang bentuk, isi dan tata cara pengisian serta penyampaian Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT Masa PPN).

Formulir baru ini berbentuk Formulir 1111 seperti contoh dibawah ini :

Formulir 1111 ini diperkuat juga dengan Surat Edaran dari Dirjend Pajak yaitu SE-98/PJ/2010, yaitu tentang penyampaian peraturan dirjend pajak nomor PER-44/PJ/2010 dst.

Di dalam Surat Edaran ini mengatur tata cara pelaksanaannya antara lain :

1. SPT Masa PPN 1111 akan menggantikan SPT Masa PPN 1107 dan SPT Masa PPN 1108.

2. Mulai Masa Pajak Januari 2011 hanya ada 3 (tiga) jenis SPT Masa PPN yaitu :

a. SPT Masa PPN 1111, yang digunakan oleh PKP yang menggunakan mekanisme Pajak Masukan dan Pajak Keluaran (Normal).

b. SPT Masa PPN 1111 DM, yang digunakan oleh PKP yang menggunakan Pedoman Penghitungan Pengkreditan Pajak Masukan, (akan dibahas berikutnya) ; dan

c. SPT Masa PPN 1107 PUT, yang digunakan oleh Pemungut PPN. (akan dibahas berikutnya).

Karena formulir ini relatif masih baru dan pastinya akan efektif berlaku mulai Januari 2011, maka akan lebih baik informasi ini anda ketahui terlebih dahulu. Tetapi seperti biasanya jika ada hal baru, pastinya kita juga akan mendapatkan sosialisasi dari KPP setempat.

Secara form 1111 ini masih terbuat dalam bentuk file pdf (manual) sama halnya dengan form 1108 yang sudah ada (akan dihapus) yang terbuat dalam bentuk file pdf juga. Maka jika form 1111 ini nantinya mulai berjalan (tetap berbentuk pdf), berdasarkan pengalaman kami mengunakan form 1108, pasti nantinya akan banyak terjadi kesalahan-salahan, kenapa? ya karena cara penggunaan/penginputan form 1108 ini hanya bisa dilakukan secara manual, dan juga cara penyimpanan filenya yang sedikit agak rumit tidak hanya sekedar save as saja.

Lain halnya seperti form 1107 yang sudah berbentuk program instalasi, tentu akan lebih mudah dan lebih akurat dalam menjalankannya. Yah, mudah-mudahan kita berharap form 1111 ini akan lebih baik dari sebelumnya, tidak dalam bentuk pdf tapi berbentuk program instalasi.

Dan setelah lama ditunggu, akhirnya saya mendapatkan program instalasi untuk formulir 1111 ini dari KPPP. Anda tidak usah repot-repot lagi mencari program instalasi ini, anda tinggal download saja di program, atau jika anda ingin yang dalam bentuk format Excel saja, anda bisa mendownloadnya di formulir pajak.

Untuk cara instalasi formulir 1111 ini bisa anda baca disini

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *