Formulir Baru SPT Tahunan untuk Tahun 2010 bagi WPOP dan WP Badan

Untuk penyampaian SPT Tahunan tahun 2010 ini kita akan menggunakan form baru, baik untuk WP Orang Pribadi maupun WP Badan. Form baru ini tertuang dalam peraturan terbaru Dirjend Pajak yaitu PER-34/PJ/2010, tentang Bentuk Formulir Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan beserta Petunjuk Pengisiannya.

Dalam peraturan ini bentuk formulir yang dibuat atau yang terlampir dalam peraturan tersebut, sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan dari tahun sebelumnya, hanya ada sebagian yang berubah. Jika anda hanya mempunyai formulir yang lama saja, maka formulir tersebut masih bisa anda gunakan untuk penyampaian SPT Tahunan nanti.

Untuk mempermudah anda dalam memperoleh formulir dimaksud, saya telah buatkan formulir tersebut dalam bentuk format Excel, agar anda yang memerlukan tidak kesulitan dalam membuat SPT Tahunan anda nantinya.

Formulir-formulir tersebut antara lain :

1. Formulir 1770. adalah SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang melakukan usaha atau pekerjaan bebas, menyelenggarakan pembukuan atau Norma Penghitungan Penghasilan Neto, mempunyai penghasilan satu atau lebih pemberi kerja.  Download.

2. Formulir 1770 S. adalah SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, yang mempunyai penghasilan satu atau lebih pemberi kerja. Ini juga berlaku untuk anda yang seorang karyawan yang mempunyai penghasilan diatas Rp.60 juta. setahun. Download.

3. Formulir 1770 SS. adalah SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, yang mempunyai penghasilan hanya dari satu pemberi kerja dengan jumlah penghasilan bruto dari pekerjaan tidak lebih dari Rp.60 juta. setahun. Dan tidak mempunyai penghasilan lain kecuali penghasilan berupa bunga bank dan/atau bunga koperasi. Download.

4. Formulir 1771. adalah SPT Tahunan PPh Badan. formulir ini dalam mata uang rupiah. Download.

Untuk mendapatkan formulir lainnya anda bisa mendownload di formulir pajak.

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *