WP Orang Pribadi Pengusaha Tertentu

Satu lagi yang menarik untuk dibahas terkait Peraturan terbaru Dirjend Pajak PER-32/PJ/2010, yaitu tentang pelaksanaan pengenaan pajak penghasilan pasal 25 bagi wajib pajak orang pribadi pengusaha tertentu.

Pengertian dari Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha sebagai Pedagang Pengecer yang mempunyai 1(satu)atau lebih tempat usaha.

Pedagang Pengecer dimaksud adalah pedagang yang melakukan penjualan barang baik secara grosir maupun eceran, dan/atau melakukan penyerahan jasa melalui suatu tempat usaha.

Mengenai kewajiban perpajakan dari WP Orang Pribadi Pengusaha Tertentu tersebut adalah :

1. Wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak bagi setiap tempat usaha di Kantor Pelayanan Pajak setempat.

2. Membayar angsuran Pajak Penghasilan Pasal 25 sebesar 0,75% dari jumlah peredaran bruto setiap bulan dari masing-masing tempat usaha.

3. Menyampaikan SPT Masa sesuai tanggal validasi yang tercantum pada Surat Setoran Pajak.

4. Wajib menyampaikan SPT Tahunan dengan melampirkan daftar jumlah penghasilan dan pembayaran PPh Pasal 25 dari masing-masing tempat usaha ke Kantor Pelayanan Pajak setempat.

Kemudian pula mengenai sanksi-sanksi perpajakan seperti keterlambatan pembayaran dan pelaporan dan sebagainya, tetap akan dikenakan sesuai dengan ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku.

Nah, Jika Anda ingin mendownload peraturan ini, Anda bisa melihat di Peraturan Pajak.

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *