Faktur Pajak Baru Berlaku 1 April 2010

Selama mengeluti perpajakan, saya telah mengalami beberapa kali perubahan mengenai bentuk faktur pajak. Sebelum terbitnya peraturan terbaru mengenai Faktur Pajak ini, kita telah menggunakan Faktur Pajak Standar untuk setiap kali terjadi Penjualan.

Dengan telah dikeluarkannya peraturan terbaru mengenai Faktur Pajak yaitu peraturan dirtjend pajak PER-13/PJ/2010. tentang bentuk, ukuran, prosedur dst, (Jika ingin lihat Anda bisa download disini) yang berlaku per 1 April 2010, Maka secara defacto faktur pajak sebelumnya dinyatakan tidak berlaku lagi.

Adapun perubahannya ataupun perbandingannya antara faktur pajak sebelumnya yaitu pada kata Faktur Pajak Standar menjadi Faktur Pajak saja, kata “Standar” dihilangkan, kemudian pada ruang Pengusaha Kena Pajak, untuk kata “tanggal pengukuhan PKP” dihapus atau dihilangkan, kemudian lagi pada ruang Pembeli Barang Kena Pajak/Penerima Jasa Kena Pajak, untuk kata “NPPKP” juga dihapus atau dihilangkan. Sedangkan untuk yang lainnya tidak ada perubahan apapun

Contoh Faktur Pajak yang baru sesuai PER-13/PJ/2010 yaitu :

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *