Perubahan SPT Masa PPN Dari Form 1107 menjadi Form 1108

Beberapa waktu yang lalu ketika Perusahaan kami tempat saya bekerja melaporkan SPT Masa PPN untuk masa Agustus 2009, seperti biasanya kami menggunakan Form 1107. SPT Masa PPN tersebut ternyata ditolak oleh bagian penerima dokumen pada Kantor Pelayan Pajak Pratama tempat perusahaan kami terdaftar, alasannya Form 1107 tidak digunakan lagi.

Dijelaskan, saat ini (maksudnya bulan Agustus 2009 itu) SPT Masa PPN yang kami laporkan seharusnya sudah menggunakan Form 1108, tadinya saya keberatan dengan adanya perubahan tersebut, karena kami tidak diberitahu terlebih dahulu mengenai perubahan tersebut, ataupun sosialisasi sebelumnya. Karena seperti biasanya jika ada perubahan mengenai perpajakan oleh KPP Pratama tempat perusahaan kami terdaftar biasanya kami selalu diundang untuk sosialisai.

Sampai saat ini saya juga masih bingung kenapa meski harus merubah form 1107 ke form 1108, karena pada dasarnya kedua form tersebut, kalau saya nilai masih sama saja, malah kalau boleh dibilang form 1107 jauh lebih baik daripada form 1108. Karena pada form 1107 itu telah menggunakan Soft Program PPN, jadi lebih akurat pemakaiannya. Sedangkan untuk form 1108 dari yang saya dapatkan itu menggunakan file PDF yang bisa di input secara manual, tetapi tidak bisa untuk menyimpan file yang sudah kita buat, jadi apabila kita ingin punya arsip bulan bersangkutan, tentunya harus ngeprint file tersebut untuk arsip, dan ini tentunya malah jadi tidak efektif. Apalagi, jika kita ada kesalahan atau pembetulan maka kita harus menginput ulang file yang sudah kita buat, jadi bikin repot sih.

Saya juga masih mencari Soft Program PPN untuk form 1108, tetapi masih belum ada. Saat ini yang saya punya form 1108 itu dalam bentuk file PDF, dan jika Anda juga memerlukan form 1108, Anda bisa download form 1108 di Formulir Pajak yang telah saya sediakan.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *