PMK No.43/PMK.03/2009 Tentang PPh.21 Ditanggung Pemerintah Kategori Usaha Tertentu

Peraturan Menteri Keuangan Nomor .43/PMK.03/2009 Tentang Pajak Penghasilan Pasal 21 Ditanggung Pemerintah Atas Penghasilan Pekerja Pada Kategori Usaha Tertentu :

Pasal 1
Pajak Penghasilan Pasal 21 yang ditanggung Pemerintah ditetapkan paling banyak sebesar pagu anggaran Pajak Penghasilan Pasal 21 berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2008 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2009 dan Perubahannya.

Pasal 2
Pajak Penghasilan Pasal 21 ditanggung Pemerintah diberikan kepada pekerja yang bekerja pada pemberi kerja yang berusaha pada kategori usaha tertentu, dengan jumlah penghasilan bruto diatas Penghasilan Tidak Kena Pajak dan tidak lebih dari Rp.5.000.000,-(lima juta rupiah) dalam satu bulan.

Pasal 3
Kategori usaha tertentu sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 adalah :
a. kategori usaha pertanian termasuk perkebunan dan peternakan, perburuan, dan kehutanan ;
b. kategori usaha perikanan; dan
c. kategori usaha industri pengolahan,
yang rinciannya sebagaimana tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri Keuangan ini yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri Keuangan ini.

Pasal 4
Pajak Penghasilan Pasal 21 ditanggung Pemerintah wajib dibayarkan secara tunai pada saat pembayaran penghasilan oleh pemberi kerja kepada pekerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 sebesar Pajak Penghasilan Pasal 21 yg terutang atas penghasilan pekerja.

Pasal 5
Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pemberian Pajak Penghasilan Pasal 21 ditanggung Pemerintah atas penghasilan pekerja pada pemberi kerja yang berusaha pada kategori usaha tertentu, diatur dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak.

Pasal 6
Peraturan Menteri Keuangan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan sampai dengan tanggal 31 Desember 2009.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 3 Maret 2009
MENTERI KEUANGAN
Ttd.
SRI MULYANI INDRAWATI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *