Pajak Perusahaan Ditelusuri Melalui Pemiliknya

Direktorat Jenderal Pajak siap menelusuri pajak perusahaan melalui pemilik perusahaan tersebut Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution mengatakan, pihaknya akan mengaitkan pembayaran pajak perusahaan dengan jumlah pembayaran pajak para pemilik perusahaan. Itu pentingnya mereka (pemilik perusahaan membayar pajak di kantor pajak khusus orang kaya), kami ingin menghubungkan dengan grup bisnisnya, kapan dia (perusahaan) membagi dividen, kapan dia nggak mengaku membagi dividen. Kita akan mendaftar perusahaan yang besar-besar dan mengumumkan,” kata Darmin di Jakarta, Senin (11/5).

Menurut Darmin seperti dikutip dari Antara, penelusuran pajak perusahaan melalui pemiliknya, bakal memperbaiki kualitas kepatuhan pembayaran pajak baik perseorangan maupun perusahaan. “Jadi bukan hanya dia (pemilik grup perusahaan) sebagai wajib pajak perorangan, tapi dia sebagai pemilik grup-grup bisnis besar,” tambah dia.

Kantor pajak khusus orang kaya saat ini telah menerima sekitar 1.200 surat pemberitahuan (SPT) pajakperorangan orang kaya. Namun, kata Darmin, jumlah penerimaan pajak tidak sebanding dengan jumlah SPT orang kaya yang masuk. Untuk itu, pemerintah perlu mendorong orang-orang kaya membayar pajak sesuai yang seharusnya.

Pajak Merger Dihapus

Pada bagian lain. Panitia Kerja Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) menyepakati, penghapusan PPN untuk perusahaan yang merger. Selama ini, setiap perusahaan yang melakukan merger dikenai tarif PPN sebesar 10%.

“Kesepakatan itu ditujukan untuk menggerakkan perekonomian di tengah krisis global saat ini, khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang terimbas krisis,” ujar Ketua Panja PPN dan PPnBM DPR Vera Febhyanthy kepada Investor Daily Jakarta, baru-baru ini

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumihar Petrus Tambunan mengungkapkan, penghapusan PPN tidak akan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak, (raj/tri)

Sumber : Investor Daily Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *